Ayam Aduan dan Jenis-jenisnya

Share:
Mungkin anda tahunya cuma ayam bangkok saja yang dijadikan ayam aduan, tetapi taukah anda bahwa ternyata masih banyak terdapat jenis-jenis ayam jago yang dapat dijadikan bahan aduan atau tepatnya dijadikan bahan sabung ayam.

Ayam Aduan dan Jenis-jenisnya

Ayam Bangkok adalah sebuah jenis breed atau anakan ayam yang paling sering kita lihat dijadikan ayam sabung di Indonesia. Tetapi tentunya sabung ayam tidak hanya ditemukan di Indonesia saja... diberbagai belahan dunia terdapat jenis permainan yang sama walau dengan variasi ataupun peraturan yang berbeda.

Hal ini juga membuat para perternak ayam aduan mengembangbiakkan jenis ayam yang sesuai dengan ekspektasi dan style yang sesuai dengan pertaruran dinegara mereka tersebut.

Di Indonesia sendiri lebih sering kita lihat jenis permainan adu ayam pukul dimana jalu di kaki ayam sengaja di potong atau di perban agar ayam yang bertanding tidak cepat mati. Hal ini dikernakan jenis pertandingan pukulan dan patukan lebih disukai di Indonesia. Hal ini jugalah yang membuat populernya ayam jenis Bangkok dari pada ayam jenis lainnya.

Padahal sebenarnya di Indonesia sendiri juga terdapat beberapa jenis ayam yang bisa dijadikan ayam aduan itu sendiri. Tetapi untuk permainan dimana yang dibutuhkan teknik pukulan dan patukan serta stamina yang kuat membuat ayam Bangkok menjadi primadona di Indonesia.

Beda halnya dengan di Filipina dimana sabung ayam atau dikenal disana dengan nama Sabong lebih mengutamakan tendangan dan stamina ayam di udara karena ayam sendiri dipasangkan pisau sebagai jalu tambahan yang akan membuat pertandingan semakin cepat berakhir.

Oleh sebab itu untuk memberikan edukasi dan tambahan pengetahuan juga bagi anda para pecinta adu ayam, berikut kami berikan daftar jenis-jenis ayam aduan yang ada.

1. Bangkok
Ayam Bangkok adalah jenis ayam yang berasal dari negara gajah putih Thailand. Jenis ayam ini memiliki postur tubuh yang tegap dengan leher yang cukup panjang. Karakteristik dari ayam aduan ini adalah stamina yang kuat, tendangan yang kuat serta kecerdasan yang sangat baik.

2. Birma
Ayam Birma tidak lain adalah trah jenis ayam yang berasal dari negara Birma (sekarang dikenal dengan nama Myanmar). Jenis ayam ini lebih gesit jika dibandingkan dengan ayam Bangkok. Postur dari ayam ini memang sedikit lebih bantet jika dibandingkan dengan ayam bangkok.

3. Pakhoy
Ayam Pakhoy merupakan ayam yang dikembangkan juga dari Thailand. Kehebatan ayam Birma membuat para breeder mencari jenis ayam yang mampu mengalahkan kecepatan ayam birma. Akhirnya mereka mendapatkan ayam hasil silangan yang memiliki kecepatan yang imbang dengan ayam Birma tetapi juga memiliki ketepatan pukulan akurasi yang bagus. Pakhoy sendiri berarti pemukul hantu dalam bahasa thai.

4. Siam
Ayam Siam merupakan hasil persilangan dari ayam Bangkok dengan ayam lokal Thailand. Ciri khas dari ayam ini adalah mental baja dan tidak pantang menyerah. Postur dari ayam ini masih mirip seperti ayam Bangkok pada umumnya.

5. Shamo
Ayam Shamo juga asalnya dari Thailand, tetapi ayam ini populer dan berkembang di Jepang. Mirip seperti ayam bangkok juga pada umumnya tetapi memiliki kulit yang lentur seperti karet serta akurasi yang lumayan bagus.

6. Saigon
Ayam Botak ini merupakan salah satu jenis ayam aduan yang memang unik dan special. Kemampuan ayam asal Vietnam ini adalah pada stamina yang sangat luar biasa, kulitnya juga tebal sehingga mampu menahan pukulan-pukulan dari ayam jenis lainnya.

7. Peruvian
Dari namanya saja kita sudah tau ayam ini berasal dari negara Peru,memiki postur yang juga mirip dengan ayam bangkok, tetapi bentuk tubuhnya lebih melengkung atau bisa dibilang bongkok. Posturnya yang besar membuat ayam ini ditakuti oleh ayam dari jenis yang berbeda.

8. Asil
Ayam jenis Asil merupakan ayam yang berasal dari negara India/Pakistan. Asil yang berarti Asli atau murni merupakan salah satu jenis ayam yang tertua dan sudah sering digunakan sebagai ayam aduan sejak dahulu. Sekarang jenis ayam ini malah lebih populer di Amerika dan Eropa daripada di negara asalnya sendiri.

9. Filipin
Ayam Filipin adalah jenis ayam yang paling berbeda jika kita bandingkan dengan jenis-jenis ayam sebelumnya. Hal tersebut dapat langsung kita ketahui dari postur tubuh ayam ini. Postur yang pendek dengan bulu yang panjang membuat ayam ini gesit di udara. Jika dibandingkan dengan ayam jenis lain, tentunya ayam ini kalah dalam stamina, tetapi memenuhi fungsinya sebagai ayam sabong pisau.

Itulah tadi beberapa Ayam aduan dan jenis-jenisnya..

Tidak ada komentar