7 Ciri-ciri Ayam Birma Asli

Share:
Masih suka salah membedakan Ayam Birma yang asli dengan ayam jenis Bangkok atau sejenisnya? berikut adalah 7 ciri khas dari ayam birma yang asli, baca selengkapnya..


Membeli ayam aduan memang agak sedikit rumit, beberapa trah ayam memiliki beberapa kesamaan yang hanya bisa dibedakan oleh mata yang sudah ahli. Khususnya pada trah ayam Birma, ayam aduan yang sangat populer karena kecepatan dan kegesitannya.

Tetapi jika anda sudah mengetahui beberapa ciri-ciri khas berikut ini, tentunya anda tidak akan mengalami kesalahan ataupun tertipu dalam membeli ayam Birma unggulan yang asli.

Langsung saja, berikut ini adalah 7 Ciri-ciri Ayam Birma Asli.

1. Tulang dada yang tergolong kecil
Jika dibandingkan dengan ayam bangkok, ayam birma memiliki tulang dada yang kecil, hal inilah yang menyebabkan ayam Birma memiliki kelincahan di atas rata-rata ayam lainnya.

2. Paruh runcing dengan garis lurus
Ayam Birma memiliki paruh yang runcing tetapi tidak terlalu besar, dengan garis lurus.

3. Tubuh yang lebih kecil dari Ayam Bangkok
Jika kita bandingkan, ayam Birma ini memiliki postur tubuh yang lebih kecil dari ayam bangkok pada kisaran umur yang sama.

4.Memiliki bercak-bercak putih pada bagian Kuping
Jika anda melihat secara seksama, pada bagian kuping ayam ini akan terdapat bercak-bercak putih seperti ketombe yang cukup banyak.

5. Berat rata-rata pada kisaran 2-2,5kg

6. Bulu pada bagian sayap lebih tebal dan panjang
Jika sayap ayam burma di rentangkan, anda dapat melihat bahwa bulu-bulu pada bagian sayap tersebut lebih tebal dan lebih panjang dari ayam BK.

7. Memiliki sisik yang lebih kecil tapi padat
Sisik di kaki ayam Birma lebih kecil tetapi padat dan terlihat banyak jika dilihat dari dekat.

Kurang lebih itulah tadi 7 ciri-ciri yang anda harus ingat jika ingin membeli ayam Birma baik anakan maupun ayam yang sudah jadi, dikarenakan jika tidak teliti ayam birma ini terlihat sangat mirip dengan ayam Bangkok, pakhoy, dan beberapa jenis ayam lainnya.

Tentunya harga ayam Birma ini tidak murah, harganya memiliki kisaran diatas angka jutaan untuk ayam dewasa, sedangkan untuk anakan sudah masuk kisaran setengah jutaan. Harga tersebut tentunya diatas harga dari ayam Bangkok, yang lebih murah dari ratusan ribuan untuk ayam dewasa.

Sayang bukan jika anda membeli ayam dengan harga mahal tetapi ayam tersebut tidak asli?

Tidak ada komentar