Tutorial Cara Pembuatan Pisau Taji Filipina

Share:
Berikut ini adalah tutorial + vidio proses-proses cara pembuatan Pisau Taji Gaff dari besi sampai jadi yang kami ambil dari salah satu pembuat pisau taji asal Manila Filipina.


1. Proses Penyiapan Bahan

Pertama-tama kita harus menyiapkan terlebih dahulu bahan utama dalam pembuatan pisau taji ini yaitu besi. Bisa menggunakan besi bekas dengan ketebalan 0,3cm, bisa juga menggunakan gergaji besi ataupun cakram.

2. Pemotongan

Bahan kemudian selanjutnya dipotong kita membagi 2 jenis potongan yaitu 1 potong untuk pegangan tajinya yaitu panjang 4inci dan lebar 1inci dan 1 potong lagi dengan panjang 5inci dan lebar 1inci untuk bilah pisaunya.

3. Pembentukan Pegangan

Potongan pertama di beri belahan di satu sisi dan di ketok sampai membengkok, kemudian setelah membengkok beri lengkungan pada sisi tengah bengkokan tersebut. Disini kita harus membuat sebuah alat bantu cetakan untuk membantu dalam pembentukan.

Besi yang sudah memiliki cabang tersebut di masukan kedalam cetakan tersebut dan di ketuk sampai membentu hurup u yang sesuai dengan keinginan.

4. Membuat Pisau

Proses pembuatan pisau adalah termasuk yang paling mudah, potongan besi kedua tinggal di potong menyerupai taji, tetapi jangan di asah terlebih dahulu karena akan kita pasangkan dengan pegangan yang sebelumnya dibuat.

5. Pemasangan Pisau dan Pegangan

Setelah itu, pisau yang sudah terbentuk tinggal dipasangkan ke pegangan dengan cara mensoldernya menggunakan borax dan kawat nikel/tembaga sampai terpasang dengan kencang. Pada proses ini harus di tes juga apakah sudah terpasang dengan kencang atau belum agar tidak terputus saat digunakan.

6. Pengasahan Pisau

Setelah terpasang, selanjutnya tinggal mengasah pisau tersebut menggunakan alat asah sampai tajam dan menjadi pisau taji yang sesungguhnya. Setelah proses ini selesai pisau taji sudah dapat digunakan untuk duel sabung pisau.


Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat video yang ada pada artikel ini.

Tidak ada komentar