Sekilas Mengenai Tradisi Sabung Ayam di Sarawak Malaysia

Share:
Pernah dengan Sabung Ayam Sarawak? di negara tetangga kita ini, sabung ayam masuk termasuk dalam sebuah kegiatan tradisional dan memang paling populer di daerahnya.

Sekilas Mengenai Tradisi Sabung Ayam di Sarawak Malaysia

Sarawak adalah sebuah daerah bagian Malaysia yang tepatnya berada di pulau Borneo dan berbatasan langsung dengan Kalimantan Indonesia. Karena berbatasan dengan Kalimantan tentunya influence atau pengaruh dari kebudayaan Kalimantan masih dapat secara kental kita temukan di daerah ini.

Salah satunya adalah Sabung ayam. Sabung ayam merupakan sebuah kegiatan adu dua ekor ayam yang akan saling bertarung sampai salah satu ayam atau bahkan kedua ayam tersebut menyerah.

Di daerah Sarawak, sabung ayam ini biasa dikenal dengan nama yang sama. Tetapi jenis ayam asli yang digunakan ukurannya lebih kecil dan mirip sekali seperti ayam hutan. 

Banyak sekali orang di daerah sini yang berlomba-lomba memiliki Ayam Sabung terbaik. Mereka rela menghabiskan uang beribu-ribu Ringgit demi memiliki ayam sabung juara yang biasa dimpor dari Filipina.

Di Sarawak dikenal terdapat 3 jenis Ayam sabung yaitu:
  • Ayam Hujung Tanduk - Ayam yang diadu dengan mengganti taji aslinya dengan taji buatan bisa berupa pisau tajam atau tanduk kambing hutan dengan ukuran 3-5 inchi.
  • Ayam Taji Asal - Ayam yang diadu menggunakan taji alami, tidak dipotong.
  • Ayam Batang Kaki - jenis ayam ini terdapat 2 yaitu, ayam yang memang tidak mempunyai taji dan ayam yang tajinya dipotong.
Cara bermain dan peraturan kurang lebih sama seperti di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya, ayamnya juga rata-rata adalah ayam jenis Filipin, ayam Bangkok, Saigon, Myanmar dan sebagainya.

Walaupun di Malaysia sendiri perjudian dilarang, tentunya kegiatan sabung ini merupakan rahasia umum yang hanya masyarakat sekitar yang mengetahui. Hal ini termasuk tabu untuk dibicarakan dengan orang yang tidak dikenal.. oleh sebab itu hanya sedikit saja yang tau mengenai kegiatan sabung di sana.

Itulah Sekilas Mengenai Tradisi Sabung Ayam di Sarawak Malaysia.

Tidak ada komentar